Jumat, 19 Juni 2015

Aneka Manfaat Menggunakan Jasa Splicing FO Berkualitas

Semakin majunya perkembangan teknologi saat ini, membutuhkan sebuah sarana koneksi yang tidak hanya terdiri atas kabel tembaga atau coaxial saja. Telah hadir sebuah teknologi dengan menggunakan fiber optic (FO), yang mampu menghantarkan koneksi data digital dengan lebih besar dan juga sempurna. Mengingat teknologi ini masih tergolong baru dan sedikit rumit, maka ada baiknya untuk instalasi kabel dengan serta fiber ini kita menggunakan sebuah jasa splicing fo yang berkualitas dan memang ahli dalam menanganinya.

Sebelum anda menggunakan jasa splicing fo yang akan diaplikasikan pada jaringan internet yang selama ini telah ada di rumah anda, perlu diketahui bahwa teknologi fiber optic ini mempunyai banyak keunggulan. Beberapa kemampuan yang dimiliki oleh teknologi fiber ini dibandingkan dengan teknologi sebelumnya antara lain:

• Mampu menahan berbagai macam interferensi yang sering mengganggu kabel tembaga atau coaxial. Koneksi data menggunakan kabel dari tembaga, bisa terpengaruh dengan adanya kilat. Demikian juga dengan kabel coaxial, ketika ada perubahan tegangan listrik, seringkali koneksi juga terkendala. Dengan fiber optic ini, koneksi akan sangat stabil dan tidak ada gangguan itu lagi,
• Jangkauan yang lebih jauh serta dukungan terhadap data rate yang jauh lebih besar, sehingga koneksi atau transmisi menjadi lebih cepat,
• Berbahan dasar kaca, sehingga tidak terpengaruh korosi maupun zak kimia berbahaya lain, sehingga relatif awet.

Salah satu hal yang cukup merepotkan dalam hal penggunaan teknologi fiber optic ini adalah ketika kita harus menyambung kabel fiber tersebut. Mengingat bagian dari serat fiber ini sangatlah rumit dan terdiri atas bagian yang sangat kecil, maka penggunaan jasa splicing fo lebih disarankan dalam proses penyambungannya. Selain memiliki garansi atas hasil pekerjaannya, kemungkinan terjadi hal yang bisa menurunkan kualitas dan karakteristik dari fiber ini bisa dicegah. Dibutuhkan alat khusus untuk menyambung kabel fiber ini, dimana dalam pelaksanaannya terdiri atas dua prosedur yaitu penyambungan kabel dan juga penyambungan seratnya.

Dari sisi keamanan, ketika kita memanfaatkan kabel dengan serat fiber ini maka tingkat keamanannya jadi lebih tinggi. Asalkan anda telah menggunakan jasa splicing fo yang tepat dan handal, maka bisa dipastikan anda akan aman dari:

1. Percikan api yang bisa menimbulkan kebakaran, karena pengiriman data atau transmisi menggunakan signal cahaya bukannya listrik,
2. Penyadapan, ini karena teknologi fiber sangat mudah dimonitor, jadi ketika ada penyadapan data muatan transmisi yang dikirim akan jauh berkurang sehingga mudah diketahui ada penyadapan,
3. Kejutan listrik, karena kabel ini tidak menggunakan transmisi listrik dalam mengirim data.

Saat anda telah menggunakan sebuah jasa splicing fo yang tepat, maka anda hanya tinggal menikmati bagaimana perbedaan antara pengiriman data dengan menggunakan kabel berteknologi sebelumnya. Tentu akan jauh lebih stabil dan juga bisa beberapa kali lebih cepat. Untuk bisa mendapatkan penyedia jasa ini, sebaiknya anda menggunakan informasi dari orang-orang yang telah menerima jasanya sehingga anda bisa percaya kepadanya. Namun bila ternyata anda tidak cukup memiliki informasi maka lebih banyak bertanya kepada mereka akan lebih baik.

Tanyakanlah tentang peralatan yang akan digunakan dalam rangka splicing atau penyambungan kabel optik tersebut. Setelah itu bagaimana dengan garansi atau jaminan bila ternyata dalam beberapa waktu terdapat masalah terhadap sambungan tersebut. Paling akhir adalah sesuaikan harga yang mereka patok dengan kemampuan anda. Jangan mudah percaya dengan penyedia jasa splicing fo yang menawarkan harga rendah tapi ternyata tidak memiliki peralatan untuk menyambungnya, karena ini bisa merugikan.